4 Langkah Cara Cek Smartphone Samsung Asli atau Palsu

4 Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu dengan Sangat Mudah
Samsung, satu diantaranya vendor hp raksasa yang hampir kebanyakan orang tentu kenal brand itu. Bahkan juga hampir banyak orang memakai hp Samsung daripada merk-merk lainnya. 

Yap, sebab merk Samsung ini telah populer sejak dahulu. Mengingat merk Samsung yang begitu popular, banyak pelaku curang yang menyalahgunakannya dengan membuat produk KW / tiruan, yang luarnya saja tampak sama akan tetapi dalamnya (hardware) jauh berlainan dengan yang aslinya. 

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya jika produk KW / tiruan bisa saja sama seperti yang aslinya, mulai bodi ataupun softwarenya, akan tetapi tidak dalam sisi hardwarenya. 

Oleh karena itu, saat anda beli hp, anda mesti mengeceknya terlebih dulu, asli ataukah tidak, spesifikasinya sesuai sama atau mungkin tidak dan sebagainya. Perihal ini bukan sekedar berlaku pada merk Samsung saja ya, akan tetapi semua merk hp yang ada di bursa pasaran.

4 Langkah Cek HP Samsung Asli atau Palsu 

Dalam artikel kesempatan ini kita akan mengulas tentang bagaimanakah cara cek ponsel samsung asli atau palsu (tiruan) yang jarang sekali diketahui banyak orang-orang. Yakinkan anda membaca artikel ini dengan berurutan, dari mulai langkah pertama sampai langkah ke empat.

#1. Yakinkan IMEI pada Hp Sama juga dengan yang Berada di Dus 

Pertama kali yang perlu anda cek ialah persamaan nomer IMEI antara yang ada di hp dengan yang ada di dus. Untuk langkah cek IMEI dapat anda baca berikut ini: 
  1. Tekan *#06# lalu tekan Call (tombol telephone).
  2. langkah cek ponsel samsung asli atau palsu
  3. Akan muncul tentang info IMEI anda yang terbagi dalam IMEI1 serta IMEI2 (beberapa hp ada yang mempunyai 1 IMEI saja). Silahkan cocokkan IMEI yang ada pada hp anda dengan yang berada di dus. Yakinkan sama ya, bila tidak, kemungkin HP samsung anda itu kemungkinan tak asli atau palsu.
IMEI pada Hp Sama juga dengan yang Berada di Dus

    #2. Cek Type Hp Samsung Anda lewat Web 

    Yang ke-2 ialah mengecheck type hp Samsung anda, apa tipenya sama dengan yang anda punya ataukah tidak. Kita dapat memberikan bukti lewat cara seperti berikut:
    1. Datangi situs IMEI.info untuk lakukan penelusuran type hp Samsung anda. Masukan IMEI anda pada kolom yang sudah disiapkan. Centang I’m not a robot, lalu click tombol Chek.
    2. Cek Type Hp Samsung Anda lewat Web
    3. Akan dipertunjukkan info tentang type HP anda bersama vendor (brand) dari HP itu. Yakinkan modelnya kira-kira sama juga dengan HP Samsung anda, serta yang sangat terpenting pada kolom Brand bertuliskan SAMSUNG untuk menunjukkan jika merk HP anda ialah Samsung.
    4. Cek Type Hp Samsung Anda lewat Web
    5. Untuk info tentang detail HP Samsung anda dapat juga lihat di samping kanan, di tabel ini anda bisa tahu detail HP Samsung anda seperti tahun terbit, berat HP, type SIM yang dipakai, kemampuan baterei dan lain-lain. Bila ingin info lebih tentang detail HP Samsung anda dapat click tombol Read more.
    Cek Type Hp Samsung Anda lewat Web

    #3. Cek Hp Samsung Anda Bikinan Negara Manakah 

    Yang ke-3 ialah mengecheck hp atau HP Samsung anda bikinan negara manakah. Beberapa hp Samsung ada yang di produksi di Cina, Korea, Amerika serta beberapa negara yang lain. Langsung, bagaimanakah cara mengeceknya? Baca cara-caranya berikut ini: 
    1. Masih tetap pada halaman IMEI.info. Jadi berikut, kode IMEI itu sebetulnya terdiri dari beberapa angka yang memiliki makna. Coba lihat digit ke-7 sama digit ke-8 pada IMEI hp anda.
    2. Cek Hp Samsung Anda Bikinan Negara Manakah
    3. Kedua digit itu adalah kode dimana hp itu dibikin, entahlah itu di Eropa, Cina, Amerika dan lain-lain. Tabel selengkapnya dapat anda baca berikut ini:
    Cek Hp Samsung Anda Bikinan Negara Manakah
    Pada tabel di atas, hp Samsung saya ini dibikin di Eropa. Bisa saja pada HP anda dibikin di negara lainnya, bukan di Eropa. Apakah kualitas dari semasing negara apakah dapat tidak sama? Hmmm saya sempat membaca di sejumlah artikel bila di produksi di negara A mutunya begitu bagus, bila di negara B mutunya buruk apabila negara C mutunya cukup.

    Saya tidak demikian sama pendapat tentang perihal ini, sebab pihak Samsung pastinya mengaplikasikan SOP yang dapat disebut sama di semasing negara serta sebelum di pasarkan pastinya ditest dahulu.

    Jadi masalah kualitas itu bergantung sich, sebab tentu ada-ada saja beberapa produk cacat yang tersebar di market, tidak cuma Samsung yang mengalami, tetapi pun vendor-vendor lainnya seperti Asus, LG, Oppo dan sebagainya.

    Walau sebenarnya hp saya di produksi di negara X, kok di dus tulisannya “Made in Indonesia”? 

    Jadi berikut, di Indonesia diresmikan ketentuan TKDN untuk hp 4G hingga harus vendor hp mesti penuhi 20% kandungan lokal, entahlah itu dari komponen-komponennya atau cuma proses perakitannya saja.

    Akan tetapi sejauh yang saya ketahui, komponen-komponen pentingnya itu datang dari negara lainnya sedang perakitan sampai pemasarannya dikerjakan di Indonesia. Jadi tidaklah heran bila banyak vendor hp yang mulai membangun cabang perusahaannya di Indonesia. Oleh karena itu, pada dus bertuliskan “Made in Indonesia”, sampai sini mengerti kan?

    #4. Lakukan Tes pada Hardware Hp Anda 

    Yang paling akhir kita akan mengetes elemen / hardware yang ada pada hp itu, seperti tes monitor LCD, getaran (vibration), sensitivitas sentuhan monitor, camera, speaker dan lain-lain. Menu-menu testing hardware ada HP Samsung saya bisa saja berlainan dengan miliki anda, disebabkan karena berlainan type / modelnya. Langsung, langkah mengecheck hardware pada HP Samsung bisa dikerjakan lewat cara:
    1. Tekan *#0*# lalu tekan Call (tombol telephone).
    2. Lakukan Tes pada Hardware Hp Anda
    3. Sesudah itu anda akan ditempatkan pada menu-menu yang kira-kira seperti gambar berikut ini. Menu-menu ini bisa dipakai untuk mengecheck elemen / hardware pada HP Samsung anda.
    4. Lakukan Tes pada Hardware Hp Anda
    5. Mungkin anda tidak demikian memahami menu-menu itu serta bingung kegunaan menu ini untuk mengecheck apa, Oleh karena itu, anda butuh memerhatikan kegunaan menu-menu itu berikut ini (saya urutkan berdasar pada fungsinya):

    1. Red, Green, Blue serta Black
    Dipakai untuk mengetes warna primer pada monitor HP Samsung anda. Tekan tombol back 2X untuk kembali pada menu utama.

    2. Receiver serta Vibration
    Dipakai untuk mengetes receiver (untuk terima panggilan dan lain-lain), apa sesuai fungsi ataukah tidak. Bila berbunyi seperti ngeeeeeng..  (bermakna hardware receiver tidak ada permasalahan). Lalu Vibration dipakai untuk mengetes apa HP Samsung bisa bergetar ataukah tidak. Tekan tombol back 2X untuk kembali pada menu utama.

    3. Dimming
    Dipakai untuk mengetes apa monitor HP bisa diredupkan ataukah tidak. Swipe ke bawah untuk meredupkan monitor HP anda, bila sukses serta tidak ada permasalahan, tekan tombol back 2X untuk kembali pada menu utama.

    4. Mega cam serta Front cam
    Dipakai untuk mengetes apa camera penting (Mega cam) serta depan (Front cam) berperan dengan normal. Bila tidak diketemukan permasalahan, tekan tombol back 2X untuk kembali pada menu utama.

    5. Sensor serta Touch
    Dipakai untuk mengecheck sensor seperti sensor accelerometer yang berperan untuk mengukur ataupun menjumpai getaran atau percepatan gravitasi bumi. Lalu untuk Touch dipakai untuk mengetes sensitivitas sentuhan pada monitor HP Samsung anda. Untuk kembali pada menu pokok, anda mesti menyentuh semua kotak (supaya menjadi hijau semua).

    6. Sleep serta Speaker
    Dipakai untuk mengetes apa feature Sleep (mematikan monitor sesaat untuk mengirit daya) kerja dengan normal. Lalu untuk Speaker, anda tentu sudah mengetahui, yaitu untuk mengetes apa speaker HP anda kerja dengan normal ataukah tidak.

    7. Sub key serta Low frequency
    Dipakai untuk mengetes apa tombol-tombol seperti tombol Menu, Back, Volume, Power dan lain-lain kerja dengan normal. Coba tekan tombol pada HP Samsung anda satu per satu, bila warna monitor beralih, jadi tombol tidak ada permasalahan.
    Kira-kira semacam itu langkah cek ponsel samsung asli atau palsu yang harus anda pahami. Jadilah konsumen yang bijak, jangan pernah anda tertipu dengan produk KW / tiruan yang luarnya dapat disebut sama akan tetapi jeroan / hardwarenya jauh berlainan dengan yang original.

    Dengan beli yang asli, kita akan memperoleh garansi (1 tahun) bila satu waktu kelak HP kita alami permasalahan atau rusaknya.

    Mudah-mudahan ke empat langkah cek HP samsung asli atau palsu (replika) di atas berguna serta gampang dimengerti

    Belum ada Komentar untuk "4 Langkah Cara Cek Smartphone Samsung Asli atau Palsu"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel